Penghuni Syurga dan Agar Terhindar Dari Api Neraka


Dari abu Hurairah RA Bahwasanya seorang laki-laki dari Arab Badui datang kepada Nabi SAW dan berkata: “Tunjukkan kepadaku sebuah perbuatan yang bisa memasukkan aku ke dalam syurga jika aku mengerjakannya”. Nabi berkata: “Sembahlah Allah dan jangalah engkau sekutukan Dia dengan yang lain, kerjakanlah shalat wajib, keluarkanlah zakat, dan kerjakanlah puasa Ramadhan”. Kemudian laki-laki itu berkata: “Demi Zat yang menggenggam jiwaku, aku tidak akan menambahkan dan mengurangi apa yang telah engkau katakan”. Dan ketika laki-laki itu berlalu, Nabi berkata: “Barang siapa yang ingin melihat penghuni syurga, maka lihatlah laki-laki ini”. (HR. Bukhari Muslim)


Dari Hârits bin Muslim at Tamîmî RA dia berkata: “Nabi ‘Alaihishalatu wassalam berkata kepadaku: “Ketika engkau selesai menunaikan shalat subuh, ucapkanlah: -sebelum engkau mangatakan hal lain- “Ya Allah, hindarilah aku dari api neraka” sebanyak tujuh kali. Maka jika engkau meninggal hari itu Allah akan menghindarimu dari api neraka. Dan ketika engkau selesai melaksanakan shalat Maghrib, ucapkanlah -sebelum mengatakan hal lain- “Ya Allah, hindarilah aku dari api neraka” sebanyak tujuh kali. Maka jika engkau meninggal malam itu, Allah tidak akan memasukkan kemu ke dalam api neraka”. (HR. An Nasâ’i. Dengan redaksinya. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Abu Daud dari al Harits bin Muslim dari bapaknya, Muslim bin Harits)

1 komentar:

Terima kasih telah mengunjungi blog yg sederhana ini, jika berkenan mohon berikan sedikit usulan, pesan, kesan bahkan kritikan membangun......